Minggu, 19 Maret 2017

#

Ketentuan Penulisan Makalah



Brosur Kegiatan Nitisastra II 2017
Berikut kami akan paparkan penjelasan mengenai ketentuan dalam penulisan makalah yang boleh dikirim. Tak hanya itu, kami juga akan paparkan bagaimana penulisan makalah hasil penelitian dan penulisan makalah hasil pemikiran konseptual.
·         Makalah yang ditulis harus sesuai dengan tema (memilih salah satu subtema yang ditentukan)
·         Makalah ditulis dalam bentuk bahasa Indonesia, menggunakan format MS Word
·         Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts. dengan spasi 1,15, diketik di kertas A4, margin (atas 2 cm, kiri 3 cm, bawah 2 cm, dan kanan 3 cm) sepanjang maksimum 16 halaman, diserahkan dalam bentuk soft copy
·         Judul makalah diletakkan di tengah-tengah dan ditulis dengan menggunakan huruf kapital semua. Ukuran huruf 12 pt, Times New Roman. Ditebalkan. Judul spasi 1 (jarak antara judul dengan nama dan isntansi menggunakan spasi tunggal)
·         Nama penulis makalah dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul makalah disertai dengan nama instansi/lembaga, dan alamat email di bawah nama penulis.
·         Abstrak (disertai kata kunci)
·         Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer (laporan penelitian (skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan atau majalah ilmiah).
·         Perujukan atau pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung. Jika diletakkan sebelum pernyataan atau kalimat, nama belakang penulis (tahun:halaman). Berikut contoh penulisannya: Menurut Hariadi (2015:45),……………………………….. Jika diletakkan setelah pernyataan atau akhir kalimat, nama penulis, tahun, dan halaman ditulis dalam satu kurung.…………………………….(Hariadi, 2015:45).
·         Tata cara penyajian rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam makalah pada umumnya atau mencontoh pada makalah dalam proceding nasional yang telah dimuat. (isi dan judul spasi 1 font 10). (Kutipan penggalan teks spasi 1 font 11)
·         Makalah  menggunakan pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)
·         Semua naskah ditelaah secara anonim oleh penyunting yang ditunjuk menurut bidang kepakarannya. Penulis makalah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan atas dasar rekomendasi dari penyunting.
·         Kepastian pemuatan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui email/sms
·         Segala sesuatu yang menyangkut perizinan, pengutipan, atau penggunaan software  untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis makalah berikut konsekuensi hukum yang timbul karenanya menjadi tanggung jawab penulis makalah tersebut.
·         Jumlah halaman makalah maksimal 16 halaman (sudah termasuk daftar pustaka/rujukan)
·         Makalah dikirim melalui email: nitisastra2.pascasarjana.um@gmail.com
·         Melampirkan PPT yang dipresentasikan (Maksimal 8 Slide)
·         Konfirmasi pengiriman melalui narahubung yang tertera.

Sistematika Makalah
A.    Hasil Penelitian
·         Judul
·         Nama Penulis (tanpa gelar)
·         Abstrak (75-150 kata yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian)
·         Kata kunci
·         Pendahuluan (tanpa judul “pendahuluan”, yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, tujuan atau rumusan masalah)
·         Metode
·         Hasil dan Pembahasan
·         Penutup (berisi simpulan dan saran)
·         Daftar rujukan dengan mematuhi aturan.

B.     Hasil Pemikiran Konseptual
·         Judul
·         Nama Penulis (tanpa gelar)
·         Abstrak (275-150 kata)
·         Kata kunci
·         Pendahuluan (tanpa judul, yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, tujuan atau rumusan masalah)
·         Subjudul (kapital semua)
·         Penutup (berisi simpulan dan saran)
·         Daftar Rujukan dengan mematuhi aturan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar